Tourist Convoy, Kendaraan yang Mengekor Ambulans Saat Bertugas

Ditulis oleh: -
Petugas kesehatan menggunakan alat pelindung berada di mobil ambulans menuju Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet untuk mengantar pasien positif Covid-19 orang tanpa gejala (OTG) di Puskesmas Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (17/9/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengetatkan kembali pembatasan sosial berskala besar, per senin 14 september. Pasien positif Covid-19 tanpa gejala (orang tanpa gejala/OTG) yang sebelumnya bisa menjalani isolasi mandiri di rumah, saat ini harus dikarantina di tempat isolasi pemerintah, seperti di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet.

Sepakat dengan Marcell, Sony Susmana selakuTraining Director Safety Defensive Consultant Indonesia juga mengatakan bahwa pengguna jalan yang mengekor kendaraan prioritas ini tidaklah beretika.

"Pengemudi yg sering ngekor ini tidak beretika, memanfaatkan situasi darurat untuk kepentingan pribadinya. Pengemudi ini sering disebut tourist convoy, tidak mau bersusah-susah dengan kondisi lalu lintas," kata Sony.

Sony juga mengatakan sikap mengekor ini sangat berisiko untuk terjadi kecelakaan. Ini karena si pengekor akanmemaksakan jarak yang rapat dengan kecepatan yang relatif tinggi serta harus bermanuver di antara kepadatan lalu lintas. Berisiko besar untuk terjadi tabrakan beruntun.