Cara Menyimpan Helm yang Benar Saat Parkir

Ditulis oleh: -
Meletakkan helm jangan di spion, helm bisa diletakkan pada gantungan barang di kendaraan.

Ahmad M selaku pegiat dari Komunitas Belajar Helm pun mengatakan bahwa menaruh helm di atas spion memberikan dampak buruk pada helm tersebut.

"Iya tidak disarankan menaruh helm di atas spion. Ini karena bagianexpanded polystyrene styrofoam (EPS) helm rentan jadi tumpuan ketika ditaruh di atas spion. Efek buruknya bisa mengubah struktur EPS helm tersebut," ungkap Ahmad kepadaKompas.com, Senin (24/5/2021).

Lapisan gabus sintetis pada helm ini lah yang berfungsi menahan benturan agar dampaknya tidak terlalu terasa pada kepala penggunanya. Jika struktur EPS helm berubah, maka perlindungannya jadi tidak maksimal.

Ahmad menyarankan untuk menyimpan helm dengan cara menggantungkannya di gantungan yang telah disediakan atau pada behel sepeda motor.

"Kalau khawatir kehujanan saat menggantungkan helm, bisa dibungkus plastik terlebih dahulu agar tidak basah akibat air hujan yang tertampung," kata Ahmad menambahkan.

Saat ini pun ada beberapa model sepeda motor yang memiliki ruang bagasi luas di bawah jok. Menyimpan helm di bagasi bawah jok jadi salah satu alternatif aman agar helm tetap dalam kondisi yang baik.