JAKBERFEST 2019, Seni Berpadu di Terowongan Kendal yang Instagramable

Pengunjung berjalan di depan mural Terowongan Kendal, Jakarta, Sabtu (30/11/2019). Hari itu, terowongan punya acara yaitu JAKBERFEST 2019, momen di mana kerjasama Jakarta Berlin yang telah terjalin selama 25 tahun, dirayakan untuk pertama kalinya bersama masyarakat.
Hal tersebut dikatakan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang hadir membuka acara. Ia menyebut bahwa hubungan ini terus berkolaborasi ke arah lebih baik.

"Rencana selanjutnya, Jakarta dan Berlin sedang mengerjakan proyek "smart change" untuk mencari solusi inovatif tentang kesinambungan pembangunan kota-kota berkembang. Semoga kerjasama seperti ini akan dapat dilakukan dengan kota besar lainnya di tahun-tahun mendatang," kata Anies, Sabtu (30/11/2019).

Ketika Kompas.com datang, terlihat banyak mural-mural di sekeliling dinding terowongan nan unik. Ternyata itu adalah hasil kolaborasi antara dua seniman beda negara, yaitu Snyder asal Jerman, dan Darbotz asal Indonesia.

Tema mural tersebut mengambil nama "Friends Mural" yang menggambarkan persahabatan, teknologi, dan budaya. Hasil karya Snyder dan Darbotz ini dapat dinikmati siapa saja yang melewati Terowongan Kendal.

Tampak juga mural bergambar transportasi umum di Jakarta, seperti Bajaj, Metro Mini menghiasi dinding terowongan ini.