Tanda-tanda WhatsApp dan Facebook Messenger Akan Segera Disatukan

Layanan media sosial yang dimiliki Mark Zuckerberg yaitu Instagram, WhatsApp, dan Facebook.

Jika ditelisik secara seksama, seluruh kode tesebut diawali dengan kata "whats_app_", diikuti dengan fitur serta fungsi WhatsApp yang berbeda pada setiap barisnya.

Beberapa di antaranya, menurut WABetaInfo, mencakup fungsi untuk mengetahui detail kontak WhatsApp (nomor, profile picture, dan lain-lain), notifikasi, info serta anggota grup WhatsApp, dan lain sebagainya.

Meski demikian, serangkaian kode ini tidak memberi petunjuk apakah nantinya Messenger bisa dipakai untuk melakukan percakapan (chatting) dengan pengguna WhatsApp secara cross platfrom atau tidak.

WhatsApp sendiri sejatinya diperkuat dengan sistem enkripsi end-to-end (antar ponsel). Artinya, percakapan yang terjadi di WhatsApp diklaim tidak bisa disadap aplikasi lain, bahkan pihak Facebook sendiri.

Nantinya, untuk bisa menerima pesan WhatsApp di Messenger, Facebook konon bakal turut menggunakan sistem enkripsi end-to-end dengan protokol serupa, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari WABetaInfo, Kamis (897/2020).

Selain WhatsApp, percakapan yang terjadi di aplikasi Messenger juga disinyalir akan dapat diakses lewat aplikasi Instagram. Setidaknya begitu menurut seorang pengembang aplikasi bernama Alessandro Paluzzi (@alex193a) di Twitter.